Kamis, 03 Maret 2016

APA ITU PENCAK SILAT ?

Assalamualaikum Sahabat Nisrina
APA ITU PENCAK SILAT ?

PENCAK SILAT


Silat merupakan suatu olahraga beladiri yang terdapat di Negara Indonesia. Olahraga beladiri silat adalah warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia. Olahraga ini adalah warisan dari nenek moyang Indonesia. Pencak silat ini lahir dari kebudayaan Indonesia, Perkembangannya pun juga dipengaruhi oleh selera, watak dan bakat masyarakat di sekitar. Selain dari keadaan masyarakat dan sifatnya adalah factor alam juga dapat mempengaruhi perkembangan dari pencak silat itu sendiri.
Gerak dasar Pencak silat
Gerak dasar pencak silat merupakan suatu gerak terarah, terencana, terkendali, dan terkoordinasi. Pencak silat juga mempunyai 4 aspek satu kesatuan ialah aspek beladiri, aspek mental spiritual, aspek seni budaya dan aspek olahraga.  Pencak silat di Indonesia sudah cukup lama tetapi masih baru kelihatan jelas pada saat berdirinya organisasi silat (IPSI).  Indonesia juga memiliki hasrat untuk mengembangkan silat sampai ke mancanegara dengan pendirian dan pembentukan  persekutuan pencak silat antar bangsa (PERSILAT) .Upaya dalam pengembangan pencak silat yang sudah dipelopori oleh Indonesia dan anggota “PERSILAT” lainya sampai saat ini berhasil menambahkan anggota PERSILAT.
Teknik dasar pencak silat
1.       Sikap pasang
Sikap pasang merupakan teknik berposisi pada saat siap tempur dalam menghadapi seorang lawan yang dilaksanaan secara efektif dan teknis.
1.       Sikap pasang terbuka
Sikap pasang dengan posisi Lengan dan tangan yang tidak melindungi tubuh.
1.       Sikap pasang tertutup
Skap pasang tertutup yaitu sikap pasang dengan pososi lengan dan tangan yang melindungi tubuh. Sikap pasang tertutup dibagi menjadi 7 yaitu
1.       Sikap pasang tertutup dengan kuda-kuda sejajar
2.       Sikap pasang tertutup dengan kuda-kuda berputar
3.       Sikap pasang tertutup dengan kuda-kuda serong ke depan
4.       Sikap pasang tertutup dengan kuda-kuda tengah
5.       Sikap pasang kuda-kuda ke tengah menyamping
6.       Sikap pasang kuda-kuda silang ke depan
7.       Sikap pasang satu kaki ke diangkat

Semoga bermanfaat,
Baca Artikel menarik lainnya di -> http://nisrina.co.id/blog/

Nisrina Peduli Wanita!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar